KISI-KISI OLIMPIADE PAI NASIONAL IV TAHUN 2025

SEKOLAH DASAR (SD)

Elemen : Al Quran

Ruang Lingkup:

  • QS Al-Ḥujurāt/49:13
  • QS At-Tin/95
  • Hadis tentang Keragaman
  • Hadis tentang Silaturahmi
  • QS Al-Mā’ūn/107
  • Hadis tentang yatim piatu
  • QS Ali Imran/3: 64 dan QS Al-Baqarah/2: 256
  • QS Aḍ-Ḍuḥā/93
  • Hadiṡ tentang keutamaan memberi
  • QS Al-A‘lā/87
  • QS Al Maidah/5 : 2-3

 

Indikator:

  1. Peserta didik mampu membaca:
  • QS Al-Ḥujurāt/49:13
  • QS At-Tin/95
  • Hadis tentang Keragaman
  • Hadis tentang Silaturahmi
  • QS Al-Mā’ūn/107
  • Hadis tentang yatim piatu
  • QS Ali Imran/3: 64 dan QS Al-Baqarah/2: 256
  • QS Aḍ-Ḍuḥā/93
  • Hadiṡ tentang keutamaan memberi
  • QS Al-A‘lā/87
  • QS Al Maidah/5 : 2-3

 

  1. Peserta didik mampu menganalisis:
  • QS Al-Ḥujurāt/49:13
  • QS At-Tin/95
  • Hadis tentang Keragaman
  • Hadis tentang Silaturahmi
  • QS Al-Mā’ūn/107
  • Hadis tentang yatim piatu
  • QS Ali Imran/3: 64 dan QS Al-Baqarah/2: 256
  • QS Aḍ-Ḍuḥā/93
  • Hadiṡ tentang keutamaan memberi
  • QS Al-A‘lā/87
  • QS Al Maidah/5 : 2-3

 

  1. Peserta didik mampu menyajikan keterkaitan perilaku sehari-hari yang sesuai dengan pesan:
  • QS Al-Ḥujurāt/49:13
  • QS At-Tin/95
  • Hadis tentang Keragaman
  • Hadis tentang Silaturahmi
  • QS Al-Mā’ūn/107
  • Hadis tentang yatim piatu
  • QS Ali Imran/3: 64 dan QS Al-Baqarah/2: 256
  • QS Aḍ-Ḍuḥā/93
  • Hadiṡ tentang keutamaan memberi
  • QS Al-A‘lā/87
  • QS Al Maidah/5 : 2-3

 

Ruang Lingkup:

  • Asmaul husna al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, AsSalām dan al-Mu’min
  • Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah Swt.
  • Asmaul husna al-Qawiyyu, al-Qayyum, al-Muhyī, al-Mumīt, dan al-Bāʿits,
  • Beriman kepada hari akhir dan makna kalimat tarji’
  • Asmaul husna al-Gaffār, al-’Afuw, al-Wāḥid dan al-Ṣamad
  • Iman Qaḍa dan Qadar


Indikator:

1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian:

  • Asmaul husna al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, AsSalām dan al-Mu’min
  • Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah Swt.
  • Asmaul husna al-Qawiyyu, al-Qayyum, al-Muhyī, al-Mumīt, dan al-Bāʿits,
  • Beriman kepada hari akhir dan makna kalimat tarji’
  • Asmaul husna al-Gaffār, al-’Afuw, al-Wāḥid dan al-Ṣamad
  • Iman Qaḍa dan Qadar

 

2. Peserta didik dapat menyebutkan dalil:

  • Asmaul husna al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, AsSalām dan al-Mu’min
  • Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah Swt.
  • Asmaul husna al-Qawiyyu, al-Qayyum, al-Muhyī, al-Mumīt, dan al-Bāʿits,
  • Beriman kepada hari akhir dan makna kalimat tarji’
  • Asmaul husna al-Gaffār, al-’Afuw, al-Wāḥid dan al-Ṣamad
  • Iman Qaḍa dan Qadar

 

3. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan:

  • Asmaul husna al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, AsSalām dan al-Mu’min
  • Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah Swt.
  • Asmaul husna al-Qawiyyu, al-Qayyum, al-Muhyī, al-Mumīt, dan al-Bāʿits,
  • Beriman kepada hari akhir dan makna kalimat tarji’
  • Asmaul husna al-Gaffār, al-’Afuw, al-Wāḥid dan al-Ṣamad
  • Iman Qaḍa dan Qadar

Ruang Lingkup:

  • Saling Menghargai dalam Keragaman
  • Salam, Tolong menolong
  • Ciri-ciri orang munafik
  • Perilaku saling menghargai, menghormati sebagai wujud dari penciptaan dan tugas manusia sebagai khalifah di bumi
  • Persaudaraan dalam Islam, berteman tanpa membedakan agama
  • Perilaku meminta maaf dan memberi maaf
  • Peduli lingkungan

 

Indikator:

1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian:

  • Saling Menghargai dalam Keragaman
  • Salam, Tolong menolong
  • Ciri-ciri orang munafik
  • Perilaku saling menghargai, menghormati sebagai wujud dari penciptaan dan tugas manusia sebagai khalifah di bumi
  • Persaudaraan dalam Islam, berteman tanpa membedakan agama
  • Perilaku meminta maaf dan memberi maaf
  • Peduli lingkungan

2. Peserta didik dapat menyebutkan dalil:

  • Saling Menghargai dalam Keragaman
  • Salam, Tolong menolong
  • Ciri-ciri orang munafik
  • Perilaku saling menghargai, menghormati sebagai wujud dari penciptaan dan tugas manusia sebagai khalifah di bumi
  • Persaudaraan dalam Islam, berteman tanpa membedakan agama
  • Perilaku meminta maaf dan memberi maaf
  • Peduli lingkungan

 

3. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan:

  • Saling Menghargai dalam Keragaman
  • Salam, Tolong menolong
  • Ciri-ciri orang munafik
  • Perilaku saling menghargai, menghormati sebagai wujud dari penciptaan dan tugas manusia sebagai khalifah di bumi
  • Persaudaraan dalam Islam, berteman tanpa membedakan agama
  • Perilaku meminta maaf dan memberi maaf
  • Peduli lingkungan

Ruang Lingkup:

IV

Balig dan Tanggung Jawab yang Menyertainya (taklīf)

Salat Jum’at

V

Puasa-puasa sunah

Memahami zakat

VI

Hukum makanan dan minuman yang halal dan haram

Infak, sedekah, dan hadiah

Indikator:

  1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian:
  • Balig dan Tanggung Jawab yang Menyertainya (taklīf)
  • Salat Jum’at
  • Puasa-puasa sunah
  • Hukum makanan dan minuman yang halal dan haram
  • Infak, sedekah, dan hadiah

 

  1. Peserta didik dapat menyebutkan dalil:
  • Balig dan Tanggung Jawab yang Menyertainya (taklīf)
  • Salat Jum’at
  • Puasa-puasa sunah
  • Hukum makanan dan minuman yang halal dan haram
  • Infak, sedekah, dan hadiah

 

  1. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan:
  • Balig dan Tanggung Jawab yang Menyertainya (taklīf)
  • Salat Jum’at
  • Puasa-puasa sunah
  • Hukum makanan dan minuman yang halal dan haram
  • Infak, sedekah, dan hadiah

 

Ruang Lingkup:

  • Kisah Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Madinah
  • Kisah Nabi Muhammad Saw. membangun Kota Madinah
  • Kisah peristiwa Fathu Makkah dan haji wada
  • Kisah perjuangan Khulafurasyidin dalam berdakwah
  • Khalifah Abu Bakar Ṣiddiq dan Umar bin Khattab
  • Khalifah Uṣmān bin Affān dan Ali bin Abī Ṭālib

 

Indikator:

  1. Peserta didik dapat menjelaskan:
  • Kisah Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Madinah
  • Kisah Nabi Muhammad Saw. membangun Kota Madinah
  • Kisah peristiwa Fathu Makkah dan haji wada
  • Kisah perjuangan Khulafurasyidin dalam berdakwah
  • Khalifah Abu Bakar Ṣiddiq dan Umar bin Khattab
  • Khalifah Uṣmān bin Affān dan Ali bin Abī Ṭālib

 

  1. Peserta didik dapat menganalisis:
  • Kisah Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Madinah
  • Kisah Nabi Muhammad Saw. membangun Kota Madinah
  • Kisah peristiwa Fathu Makkah dan haji wada
  • Kisah perjuangan Khulafurasyidin dalam berdakwah
  • Khalifah Abu Bakar Ṣiddiq dan Umar bin Khattab
  • Khalifah Uṣmān bin Affān dan Ali bin Abī Ṭālib

 

  1. Peserta didik dapat menunjukkan hikmah dari peristiwa:
  • Kisah Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Madinah
  • Kisah Nabi Muhammad Saw. membangun Kota Madinah
  • Kisah peristiwa Fathu Makkah dan haji wada
  • Kisah perjuangan Khulafurasyidin dalam berdakwah
  • Khalifah Abu Bakar Ṣiddiq dan Umar bin Khattab
  • Khalifah Uṣmān bin Affān dan Ali bin Abī Ṭālib

 

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Elemen : Al Quran

Ruang Lingkup:

  • QS Al-Baqarah/2: 285 dan QS An-Nisa/4: 150 serta hadis terkait dengan pentingnya iman dalam kehidupan seorang muslim.
  • QS Ali Imran/3: 102 dan QS Luqman/31: 33 serta hadis terkait dengan pentingnya takwa kepada Allah Swt.
  • QS Al-Baqarah/2: 256 dan hadis terkait dengan pentingnya toleransi.
  • QS Al-Qashash/28: 85, QS An-Nisa/4: 66 dan QS At-Taubah/9: 122 serta hadis terkait dengan pentingnya cinta tanah air
  • QS Al Mujadalah/58: 11 dan QS Az-Zumar/39: 9 serta hadis terkait dengan pentingnya semangat keilmuan
  • QS Al-Baqarah/2: 155-156, QS Ali Imran/3: 200, dan hadis terkait dengan pentingnya sikap sabar dalam menghadapi musibah dan ujian.

 

 

Indikator:

  1. Peserta dapat membaca:
  • QS Al-Baqarah/2: 285 dan QS An-Nisa/4: 150 serta hadis terkait dengan pentingnya iman dalam kehidupan seorang muslim.
  • QS Ali Imran/3: 102 dan QS Luqman/31: 33 serta hadis terkait dengan pentingnya takwa kepada Allah Swt.
  • QS Al-Baqarah/2: 256 dan hadis terkait dengan pentingnya toleransi.
  • QS Al-Qashash/28: 85, QS An-Nisa/4: 66 dan QS At-Taubah/9: 122 serta hadis terkait dengan pentingnya cinta tanah air
  • QS Al Mujadalah/58: 11dan QS Az-Zumar/39: 9 serta hadis terkait dengan pentingnya semangat keilmuan
  • QS Al-Baqarah/2: 155-156, QS Ali Imran/3: 200, dan hadis terkait dengan pentingnya sikap sabar dalam menghadapi musibah dan ujian

 

  1. Peserta didik dapat menjelaskan:
  • Hukum tajwid alif lam qamariyah dan syamsiyah, terutama pada QS Al-Baqarah/2: 285 dan QS An-Nisa/4: 150
  • Hukum tajwid gunnah, terutama pada QS Ali Imran/3: 102 dan QS Luqman/31: 33
  • Hukum tajwid lam dan ra, terutama pada QS Al-Baqarah/2: 256
  • Hukum tajwid nun sukun/tanwin dan mim sukun, terutama pada QS Al-Qashash/28: 85, QS An-Nisa/4: 66 dan QS At-Taubah/9: 122
  • Hukum tajwid waqaf, terutama pada QS Al Mujadalah/58: 11 dan QS Az-Zumar/39: 9
  • Hukum tajwid mad, terutama pada QS Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS Ali Imran/3: 200

 

  1. Peserta didik dapat menganalisis:
  • QS Al-Baqarah/2: 285 dan QS An-Nisa/4: 150 serta hadis terkait dengan pentingnya iman dalam kehidupan seorang muslim.
  • QS Ali Imran/3: 102 dan QS Luqman/31: 33 serta hadis terkait dengan pentingnya takwa kepada Allah Swt.
  • QS Al-Baqarah/2: 256 dan hadis terkait dengan pentingnya toleransi.
  • QS Al-Qashash/28: 85, QS An-Nisa/4: 66 dan QS At-Taubah/9: 122 serta hadis terkait dengan pentingnya cinta tanah air
  • QS Al Mujadalah/58: 11dan QS Az-Zumar/39: 9 serta hadis terkait dengan pentingnya semangat keilmuan
  • QS Al-Baqarah/2: 155-156, QS Ali Imran/3: 200, dan hadis terkait dengan pentingnya sikap sabar dalam menghadapi musibah dan ujian

 

  1. Peserta didik mampu menyajikan keterkaitan perilaku sehari-hari yang sesuai dengan pesan:
  • QS Al-Baqarah/2: 285 dan QS An-Nisa/4: 150 serta hadis terkait dengan pentingnya iman dalam kehidupan seorang muslim.
  • QS Ali Imran/3: 102 dan QS Luqman/31: 33 serta hadis terkait dengan pentingnya takwa kepada Allah Swt.
  • QS Al-Baqarah/2: 256 dan hadis terkait dengan pentingnya toleransi.
  • QS Al-Qashash/28: 85, QS An-Nisa/4: 66 dan QS At-Taubah/9: 122 serta hadis terkait dengan pentingnya cinta tanah air
  • QS Al Mujadalah/58: 11 dan QS Az-Zumar/39: 9 serta hadis terkait dengan pentingnya semangat keilmuan
  • QS Al-Baqarah/2: 155-156, QS Ali Imran/3: 200, dan hadis terkait dengan pentingnya sikap sabar dalam menghadapi musibah dan ujian

Ruang Lingkup:

  • Iman kepada Allah Swt melaluai sifa-sifatnya dan hal-hal yang dapat meneguhkan iman
  • Keimanan kepada malaikat-malaikatl Allah Swt.
  • Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
  • Keimanan kepada rasul-rasul Allah
  • Makna iman kepada hari akhir
  • Makna iman kepada qada dan qadar

 

Indikator:

  1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian:
  • Iman kepada Allah Swt melaluai sifa-sifatnya dan hal-hal yang dapat meneguhkan iman
  • Keimanan kepada malaikat-malaikatl Allah Swt.
  • Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
  • Keimanan kepada rasul-rasul Allah
  • Makna iman kepada hari akhir
  • Makna iman kepada qada dan qadar

 

  1. Peserta didik dapat menyebutkan dalil:
  • Iman kepada Allah Swt melaluai sifa-sifatnya dan hal-hal yang dapat meneguhkan iman
  • Keimanan kepada malaikat-malaikatl Allah Swt.
  • Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
  • Keimanan kepada rasul-rasul Allah
  • Makna iman kepada hari akhir
  • Makna iman kepada qada dan qadar

 

  1. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan:
  • Iman kepada Allah Swt melaluai sifa-sifatnya dan hal-hal yang dapat meneguhkan iman
  • Keimanan kepada malaikat-malaikatl Allah Swt.
  • Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
  • Keimanan kepada rasul-rasul Allah
  • Makna iman kepada hari akhir
  • Makna iman kepada qada dan qadar

Ruang Lingkup:

  • Makna ikhlas dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Makna bersyukur kepada Allah Swt. dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menguatkan rasa cinta kepada Rasulullah Muhammad Saw. dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Makna husnuzan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Makna kasih sayang kepada sesama dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Makna kasih sayang kepada lingkungan alam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Indikator:

  1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian:
  • Ikhlas dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Bersyukur kepada Allah Swt. dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Cinta kepada Rasulullah Muhammad Saw. dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Hhusnuzan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kasih sayang kepada sesama dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kasih sayang kepada lingkungan alam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Peserta didik dapat menyebutkan dalil:
  • Ikhlas dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Bersyukur kepada Allah Swt. dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Cinta kepada Rasulullah Muhammad Saw. dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Hhusnuzan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kasih sayang kepada sesama dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kasih sayang kepada lingkungan alam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan:
  • Ikhlas dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Bersyukur kepada Allah Swt. dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Cinta kepada Rasulullah Muhammad Saw. dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Hhusnuzan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kasih sayang kepada sesama dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kasih sayang kepada lingkungan alam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ruang Lingkup:

  • Ketentuan macam-macam sujud
  • Ketentuan salat Jumat
  • Penyelenggaraan jenazah
  • Ketentuan haji dan umrah
  • Ketentuan penyembelihan hewan, kurban dan akikah
  • Ketentuan rukhsah dalam perspektif mazhab Fikih

 

Indikator:

  1. Peserta didik menganalisis:
  • Ketentuan macam-macam sujud
  • Ketentuan salat Jumat
  • Penyelenggaraan jenazah
  • Ketentuan haji dan umrah
  • Ketentuan penyembelihan hewan, kurban dan akikah
  • Ketentuan rukhsah dalam perspektif mazhab Fikih

 

  1. Peserta didik dapat menyebutkan dalil tentang:
  • Ketentuan macam-macam sujud
  • Ketentuan salat Jumat
  • Penyelenggaraan jenazah
  • Ketentuan haji dan umrah
  • Ketentuan penyembelihan hewan, kurban dan akikah
  • Ketentuan rukhsah dalam perspektif mazhab Fikih

 

  1. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan:
  • Ketentuan macam-macam sujud
  • Ketentuan salat Jumat
  • Penyelenggaraan jenazah
  • Ketentuan haji dan umrah
  • Ketentuan penyembelihan hewan, kurban dan akikah
  • Ketentuan rukhsah dalam perspektif mazhab Fikih

Ruang Lingkup:

  • Peradaban Bani Umayyah dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Bani Abbassiyah dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Dinasti Fatimiyah dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Dinasti Turki Usmani dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Dinasti Syafawi dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Dinasti Mughal dan meneladani peradaban tersebut

 

Indikator:

  1. Peserta didik dapat menjelaskan:
  • Peradaban Bani Umayyah dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Bani Abbassiyah dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Dinasti Fatimiyah dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Dinasti Turki Usmani dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Dinasti Syafawi dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Dinasti Mughal dan meneladani peradaban tersebut

 

  1. Peserta didik dapat menganalisis:
  • Peradaban Bani Umayyah dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Bani Abbassiyah dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Dinasti Fatimiyah dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Dinasti Turki Usmani dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Dinasti Syafawi dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Dinasti Mughal dan meneladani peradaban tersebut

 

  1. Peserta didik dapat menunjukkan hikmah keberadaan:
  • Peradaban Bani Umayyah dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Bani Abbassiyah dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Dinasti Fatimiyah dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Dinasti Turki Usmani dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Dinasti Syafawi dan meneladani peradaban tersebut
  • Peradaban Dinasti Mughal dan meneladani peradaban tersebut

SEKOLAH MENENGAH ATAS/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMA/SMK)

Elemen : Al Quran

Ruang Lingkup:

  • QS al- Maidah/5 : 48 dan QS At Taubah/9: 105 serta hadis tentang  kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.
  • QS al-Isra’/17: 32 dan QS An Nur/24: 2 tentang larangan mendekati perbuatan zina dan pergaulan bebas
  • QS Ali Imran/3:190-191 dan QS Ar Rahman/55:33 serta Hadits tentang berpikir kritis dan semangat mencintai iptek.
  • QS Yūnus/10: 40-41 dan QS al-Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan manusia
  • QS Al Baqarah/2: 155-156 dan QS Ibrahim/14: 9 dan hadits terkait tentang hakekat sabar dalam musibah dan ujian
  • QS Al Qashas/28: 85 dan QS Al Baqarah/2: 143 dan hadits tentang cinta tanah air dan moderasi beragama.

 

Indikator:

  1. Peserta didik mampu membaca:
  • QS al- Maidah/5: 48 dan QS At Taubah/9: 105 serta hadis tentang  kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.
  • QS al-Isra’/17: 32 dan QS An Nur/24: 2 tentang larangan mendekati perbuatan zina dan pergaulan bebas
  • QS Ali Imran/3:190-191 dan QS Ar Rahman/55:33 serta Hadits tentang berpikir kritis dan semangat mencintai iptek.
  • QS Yūnus/10: 40-41 dan QS al-Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan manusia
  • QS Al Baqarah/2: 155-156 dan QS Ibrahim/14: 9 dan hadits terkait tentang hakekat sabar dalam musibah dan ujian
  • QS Al Qashas/28: 85 dan QS Al Baqarah/2: 143 dan hadits tentang cinta tanah air dan moderasi beragama.

 

  1. Peserta didik mampu menganalisis:
  • QS al- Maidah/5: 48 dan QS At Taubah/9: 105 serta hadis tentang  kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.
  • QS al-Isra’/17: 32 dan QS An Nur/24: 2 tentang larangan mendekati perbuatan zina dan pergaulan bebas
  • QS Ali Imran/3:190-191 dan QS Ar Rahman/55:33 serta Hadits tentang berpikir kritis dan semangat mencintai iptek.
  • QS Yūnus/10: 40-41 dan QS al-Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan manusia
  • QS Al Baqarah/2: 155-156 dan QS Ibrahim/14: 9 dan hadits terkait tentang hakekat sabar dalam musibah dan ujian
  • QS Al Qashas/28: 85 dan QS Al Baqarah/2: 143 dan hadits tentang cinta tanah air dan moderasi beragama.

 

  1. Peserta didik mampu menyajikan keterkaitan perilaku sehari-hari yang sesuai dengan pesan:
  • QS al- Maidah/5: 48 dan QS At Taubah/9: 105.
  • QS al-Isra’/17: 32 dan QS An Nur/24: 2.
  • QS Ali Imran/3:190-191 dan QS Ar Rahman/55:33.
  • QS Yūnus/10: 40-41 dan QS al-Māidah/5: 32.
  • QS Al Baqarah/2: 155-156 dan QS Ibrahim/14: 9.
  • QS Al Qashas/28: 85 dan QS Al Baqarah/2: 143.

Ruang Lingkup:

  • Syu’abul iman (cabang-cabang iman).
  • Perilaku mahabbah, khauf, raja’, rida, taubat dan tawakal
  • Memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutupi aib orang lain.
  • Menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud
  • keterkaitan iman, Islam dan Ihsan
  • Ilmu Kalam

 

Indikator:

  1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian:
  • Syu’abul iman (cabang-cabang iman).
  • Perilaku mahabbah, khauf, raja’ rida, taubat dan tawakal
  • Memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutupi aib orang lain.
  • Menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud
  • keterkaitan iman, Islam dan Ihsan
  • Ilmu Kalam

 

  1. Peserta didik dapat menyebutkan dalil:
  • Syu’abul iman (cabang-cabang iman).
  • Perilaku mahabbah, khauf, raja’ rida, taubat dan tawakal
  • Memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutupi aib orang lain.
  • Menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud
  • keterkaitan iman, Islam dan Ihsan
  • Ilmu Kalam

 

  1. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan:
  • Syu’abul iman (cabang-cabang iman).
  • Perilaku mahabbah, khauf, raja’ rida, taubat dan tawakal
  • Memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutupi aib orang lain.
  • Menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud
  • keterkaitan iman, Islam dan Ihsan
  • Ilmu Kalam

Ruang Lingkup:

  • Menghindari akhlak mazmumah (sikap hidup berfoya-foya, ria dan sumah, takabur, israf, tabzir dan hasad)
  • Menghindari perilaku gadab dan menumbuhkan sikap kontrol diri dan syaja’ah.
  • Menghindari akhlak mazmumah (perkelahian antarpelajar, mengonsumsi minuman keras dan narkoba, perundungan, judi)
  • Adab menggunakan media sosial.
  • Menghindari akhlak mazmumah (sikap munafik, keras hati dan keras kepala)
  • Sikap inovatif dan etika berorganisasi dalam Islam

 

Indikator:

  1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian:
  • Sikap hidup berfoya-foya, ria dan sumah, takabur, israf, tabzir dan hasad
  • Perilaku gadab, kontrol diri dan syaja’ah
  • Perkelahian antarpelajar, mengonsumsi minuman keras dan narkoba, perundungan, judi.
  • Adab menggunakan media sosial
  • Munafik, keras hati dan keras kepala
  • Sikap inovatif dan etika berorganisasi dalam Islam

 

  1. Peserta didik dapat menyebutkan dalil tentang:
  • Sikap hidup berfoya-foya, ria dan sumah, takabur, israf, tabzir dan hasad
  • Perilaku gadab, kontrol diri dan syaja’ah
  • Perkelahian antarpelajar, mengonsumsi minuman keras dan narkoba, perundungan, judi.
  • Adab menggunakan media sosial
  • Munafik, keras hati dan keras kepala
  • Sikap inovatif dan etika berorganisasi dalam Islam

 

  1. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku menghindari:
  • Sikap hidup berfoya-foya, ria dan sumah, takabur, israf, tabzir dan hasad
  • Perilaku gadab.
  • Perkelahian antarpelajar, mengonsumsi minuman keras dan narkoba, perundungan, judi.
  • Munafik, keras hati dan keras kepala
  • Peserta didik dapat menunjukkan perilaku menumbuhkan:
  • Perilaku kontrol diri dan syaja’ah
  • Adab menggunakan media sosial
  • Sikap inovatif dan etika berorganisasi dalam Islam

Ruang Lingkup:

  • Fikih muamalah (asuransi, perbankan dan koperasi syariah)
  • Al-kulliyatul al-khamsah
  • Khutbah, tablig dan dakwah
  • Pernikahan
  • Mawaris
  • Sumber hukum Islam

 

Indikator:

  1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian:
  • Asuransi, perbankan dan koperasi syariah
  • Al-kulliyatul al-khamsah
  • Khutbah, tablig dan dakwah
  • Pernikahan
  • Mawaris
  • Sumber hukum Islam

 

  1. Peserta didik dapat menyebutkan dalil:
  • Asuransi, perbankan dan koperasi syariah
  • Al-kulliyatul al-khamsah
  • Khutbah, tablig dan dakwah
  • Pernikahan
  • Mawaris
  • Sumber hukum Islam

 

  1. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan:
  • Asuransi, perbankan dan koperasi syariah
  • Al-kulliyatul al-khamsah
  • Khutbah, tablig dan dakwah
  • Pernikahan
  • Mawaris
  • Sumber hukum Islam

 

Ruang Lingkup:

  • Sejarah masuknya Islam di Indonesia dan peran tokoh penyebar Islam di Indonesia
  • Dakwah Wali Songo di Indonesia
  • Peran dan keteladanan tokoh ulama di Indonesia
  • Peradaban Islam pada masa modern
  • Perkembangan peradaban Islam di dunia
  • Sejarah pertumbuhan organisasi Islam di Indonesia

 

Indikator:

  1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian:
  • Sejarah masuknya Islam di Indonesia dan peran tokoh penyebar Islam di Indonesia
  • Dakwah Wali Songo di Indonesia
  • Peran dan keteladanan tokoh ulama di Indonesia
  • Peradaban Islam pada masa modern
  • Perkembangan peradaban Islam di dunia
  • Sejarah pertumbuhan organisasi Islam di Indonesia

 

  1. Peserta didik dapat menganalisis:
  • Sejarah masuknya Islam di Indonesia dan peran tokoh penyebar Islam di Indonesia
  • Dakwah Wali Songo di Indonesia
  • Peran dan keteladanan tokoh ulama di Indonesia
  • Peradaban Islam pada masa modern
  • Perkembangan peradaban Islam di dunia
  • Sejarah pertumbuhan organisasi Islam di Indonesia

 

  1. Peserta didik dapat menunjukkan hikmah keberadaan:
  • Sejarah masuknya Islam di Indonesia dan peran tokoh penyebar Islam di Indonesia
  • Dakwah Wali Songo di Indonesia
  • Peran dan keteladanan tokoh ulama di Indonesia
  • Peradaban Islam pada masa modern
  • Perkembangan peradaban Islam di dunia
  • Sejarah pertumbuhan organisasi Islam di Indonesia